Friday, April 6, 2018

Pengertian Monitor dan Fungsi Serta Jenis-Jenisnya

Pengertian Monitor dan Fungsi Serta Jenis-JenisnyaAssalamualaikum Wr Wb, Hallo Kawan - kawan Hobbyku Desain | TrendingKita | Tutorial Desain Dan Blog, Pada Artikel yang kami buat dan juga anda baca kali ini dengan judul Pengertian Monitor dan Fungsi Serta Jenis-Jenisnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan Artikel Information, Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan juga bermanfaat.

Download Kumpulan Wallpaper Mobile Legends di MasMochen

Judul Artikel: Pengertian Monitor dan Fungsi Serta Jenis-Jenisnya
link : Pengertian Monitor dan Fungsi Serta Jenis-Jenisnya

Baca juga


Pengertian Monitor dan Fungsi Serta Jenis-Jenisnya

Pengertian Monitor

Monitor adalah hardware atau perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor sering disebut dengan layar komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang di gunakan untuk penampilan video serta tampilan lainnya. Dikarenakan monitor adalah alat untuk yang menampilkan video jadi tidak bisa dipisakan dengan CPU.

(*). Fungsi Monitor

Monitor berfungsi sebagai alat Output dari memori komputer dan central processing unit berupa biner. Bahasa program ini harus diubah menjadi bahasa manusia agar bisa dimengerti dan bisa dipahami.

Berbagai macam monitor memiliki jenis resolusi yang berbeda dan digunakan untuk menampilkan kualitas gambar. Ukuran LCD dapat memberitahu anda dan apa jenis resolusi yang tersedia, Sebuah layar monitor 17-inci dapat memiliki resolusi 1024×768 resolusi ini termasuk resolusi standart komputer, sedangkan layar 20-inci akan memiliki 1600×1200 dan ini adalah resolusi yang memuaskan penikmatnya.

Pada umumnya Jumlah inci adalah ukuran layar monitor diagonal, dan sementara resolusi adalah lebar pixel dengan tinggi pixel.

(*). Sejarah Monitor

Pada istilahnya/kata lainnya “Mode Tampilan” ini menampilkan fitur-fitur layar komputer, khususnya jumlah warnanya yang maksimum dan  juga resolusi gambarnya yang maksimum. Ada banyak mode tampilan yang bisa di temukan dalam system komputer pribadi anda.

Pada tahun 1981,IBM memperkenalkan kepada dunia tentang sistem tampilan adaptor grafis warna. Sistem tampilan ini memberikan empat warna, dan memiliki resolusi maksimum 320 piksels. Walau CGA cukup untuk penggunaan permainan komputer yang mudah seperti permainan solitaire, ia tidak mencukupi pemrosesan kata, ataupun penggunaan grafis yang canggih.

Kemudian pada tahun 1984, IBM memperkenalkan lagi suatu sistem tampilan pada sebuah adaptor grafis tertingkat yaitu, EGA yang mempunyai kelebihan  dapat memberikan 16 warna yang berbeda dan resolusi nya hingga 640 x 350 dan  EGA ini adalah sebuah perbaikan dibandingkan tampilan yang awal, dan yang dapat memungkinan pembacaan teks dengan mudah, EGA ini tidak memberikan resolusi gambar yang cukup. Untuk penggunaan tingkat tinggi seperti desain grafis.

Monitor juga terdiri dari beberapa jenis yakni seperti berikut:

(*). Jenis Monitor :


1#. Monitor CRT

Cathode Ray tube adalah jenis monitor yang sangat tua dan sering ditemui pada pengguna komputer-komputer lama, dan pada zaman sekarang tidak banyak lagi pengguna CRT karena sudah ada yang lebih bagus yaitu LCD plasma dan kualitasnya lebih bagus.

Cara kerja CRT dengan menggunakan sinar katoda (elektron) yang berkecepatan tinggi di dalam tabung yang hampa udara.

Keuntungan menggunakan CTR ini adalah harganya yang lebih murah dan ekonomis di banding jenis monitor lainnya.

2#. Monitor Liquid Crystal Display (LCD)

Monitor jenis LCD (Liquid Crystal Display) merupakan monitor yang disusun menggunakan cairan crystal, dapat memberikan kualitas display dimana warna yang dihasilkannya jauh lebih HD dan baik di banding monitor jenis CRT.

Teknologi monitor jenis LCD mempunyai lebih banyak cahaya atau bisa kita kenal dengan piksel yang terdiri dari sebuah kristal cair sebagai titik cahaya. Titik cahaya atau piksel yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan tersebut akan membentuk tampilan citra. Pada kutub tersebut kristal cair yang akan dilewati oleh arus listrik tersebut nantinya akan berubah dikarenakan akan dipengaruhi oleh polarisasi/penyinaran medan magnet yang timbul/muncul dan karenanya itu akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna yang lainnya akan tersaring.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dalam penulisan artikel ini, sekian dan Terimakasih

Cukup Sekian Artikel Tentang Pengertian Monitor dan Fungsi Serta Jenis-Jenisnya dari saya.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk semua orang :) Terima Kasih
#Mr-Roz3R.net



Demikianlah Artikel Pengertian Monitor dan Fungsi Serta Jenis-Jenisnya

Demikian artikel Pengertian Monitor dan Fungsi Serta Jenis-Jenisnya yang kami tulis kali ini, Semoga artikel diatas dapat memberi manfaat untuk anda semua yang membaca. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Monitor dan Fungsi Serta Jenis-Jenisnya dengan alamat link http://www.trendingkita.com/2018/04/pengertian-monitor-dan-fungsi-serta.html
Download Kumpulan Wallpaper Mobile Legends di MasMochen


EmoticonEmoticon